Wednesday, January 15, 2014

Khasiat Jengkol Dan Pete

Dua buah yang dianggap seperti pasangan sejoli karena baunya yang sama-sama menyengat dan sering dihindari orang. Banyak yang menganggap bahwa kedua jenis buah ini tidak layak dikonsumsi meski banyak juga yang menyukainya. Baunya memang jadi masalah utama bagi penikmatnya. Karena itulah kedua buah ini sering digolongkan sebagai makanan kelas rendah. Selain murah, tak banyak kalangan orang berada yang enggan mengkonsumsinya. Tapi tahukah Anda bahwa jengkol dan pete memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk tubuh kita?

Manfaat lainnya adalah mencegah penyakit diabetes/kencing manis dikarenakan kandungan asam dan mineralnya. Namun asam jengkolat yang terdapat di jengkol berupa kristal dan tidak mudah larut oleh air. Karena itu disarankan dalam mengkonsumsi jengkol jangan berlebihan, karena ginjal bisa jadi tidak dapat menyaring asam tersebut dalam jumlah yang banyak hingga akhirnya mengalami sulit berhenti buang air kecil.
Sedangkan pete memiliki manfaat yang lebih banyak lagi dibandingkan jengkol. meskipun bau nya yang lebih menyengat. ternyata pete mengandung tiga macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, glukosa, dan dikombinasikan dengan serat tinggi.
Kandungan gula ini membuat pete jadi banyak diambil manfaatnya sebagai penambah tenaga. Tak heran jika banyak atlet yang menkonsumsi pete untuk menjaga tubuh mereka agar tetap fit. Penelitian juga menyebutkan bahwa dengan menkonsumsi 2 porsi pete per hari dapat menambah suplai tenaga hingga 90 menit.
Kandungan tryptophan dan vitamin B6 dalam pete juga bisa membantu emosi seseorang untuk menjadi lebih tenang dan bisa mengurangi tingkat depresi. Bagi para penderita tekanan darah tinggi, buah ini juga termasuk makanan yang aman dikonsumsi. Itu dikarenakan banyaknya kalium yang terkandung dalam pete tetapi rendah garam. Begitu tingginya kandungan kalium di pete hingga membuat FDA Amerika memberi ijin kepada perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi terhadap kemampuan pete dalam menekan resiko darah tinggi dan stroke.
Kaliumnya yang tinggi juga dapat meningkatkan konsentrasi otak dan secara tidak langsung membantu menumbuhkan kecerdasan anak di usia pertumbuhan. Pete juga bisa membantu orang yang ingin berhenti dari kecanduan rokok. Kandungan vitamin B6, B12, magnesium dan kaliumnya dapat menekan kebutuhan nikotin dan membuat orang tersebut justru merasa tak perlu lagi dengan nikotin. Olesan buah pete pada kulit juga bisa menghindarkan dari gigitan nyamuk. 
Selain manfaat-manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat pete yang membuat buah ini menjadi perhatian ahli medis. Antara lain mencegah kegemukan, mengobati anemia, mengobati sembelit, memulihkan seseorang dari mabuk, menyembuhkan luka lambung, mengatur suhu tubuh, bahkan untuk menghaluskan kulit. oleh karena itu pete banyak diekspor ke negara-negara China, Jepang, Korea sebagai bahan kosmetik.
Tidak hanya di Asia, jengkol dan pete sudah mendunia dan penyebarannya benar-benar dirasa bermanfaat bagi banyak orang.

0 komentar:

Post a Comment