Sunday, January 19, 2014

Extra Daun Zaitun

Extra Daun Zaitun



Selama ini sudah banyak orang yang mengetahui manfaat kesehatan dari buah dan minyak zaitun. Namun masih sedikit yang mengetahui manfaat bagian lain dari pohon zaitun seperti daunnya. Peneliti di University of Auckland, Selandia Baru, menemukan bahwa ekstrak daun zaitun bisa bermanfaat untuk penderita diabetes.

Peneliti meneliti efektivitas ekstrak daun zaitun dalam perawatan diabetes. Mereka menemukan bahwa suplemen dengan ekstrak daun zaitun mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan juga dapat meningkatkan sekresi sel pada pankreas. Hal ini terhadap kemungkinan daun zaitun sebagai salah satu obat untuk penderita diabetes.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah melakukan percobaan pada 46 orang yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka dipisah menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan plasebo dan satu kelompok diberikan ekstrak daun zaitun. Mereka diamati hingga 12 minggu ke depan.

Rata-rata, ekstrak daun zaitun mampu mengurangi resistensi insulin hingga 15 % dan meningkatkan produksi sel beta yang berfungsi memproduksi insulin sekitar 28 %, seperti dilansir oleh Daily Health Post (16/01).

Meski peneliti belum melakukan penelitian langsung pada penderita diabetes, namun dengan hasil penelitian tersebut, mereka yakin hasilnya bahkan akan lebih baik pada penderita diabetes. Secara tak langsung, daun zaitun juga bisa mencegah seseorang terkena diabetes.

Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian tahun lalu yang mengungkap bahwa ekstrak daun zaitun bisa membantu pasien diabetes tipe-2 mengontrol tingkat gula darah mereka. Bahkan faktanya, daun zaitun sudah dimanfaatkan sebagai makanan alami yang biasa dikonsumsi oleh penderita diabetes di masyarakat mediterania.

sumber : http://www.merdeka.com/sehat/ekstrak-daun-zaitun-bantu-penderita-diabetes-kontrol-gula-darah.html

0 komentar:

Post a Comment