Saturday, January 18, 2014

Bahaya Minuman Beralkohol

Bahaya Minum Minuman Keras


Himbauan untuk mengurangi minum alkohol bukan tanpa alasan. Selain menghilangkan kesadaran dan akal sehat, baru-baru ini sebuah studi menemukan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa menghilangkan ingatan seseorang lebih cepat.

Namun dampak ini paling terlihat pada pria. Tim peneliti dari University College London telah memastikan temuan ini melalui pengamatan terhadap kebiasaan minum 5.054 pria berusia antara 44-69 tahun.

Setiap partisipan juga diminta untuk mengikuti empat jenis tes agar dapat diukur kemampuan kognitifnya. Beberapa dari tes ditujukan untuk menilai ingatan jangka pendek partisipan sekaligus kemampuan mereka didalam memecahkan masalah.

Seperti dikutip ABC News, Sabtu (18/1/2014), ternyata pria yang minum 36 gram alkohol lebih (sekitar 2,5 botol bir isi 13 ons) mengalami penurunan kognitif lebih cepat, hal ini sama seperti yang dialami oleh pria yang usianya 1,5 hingga 5,7 tahun lebih tua.

Dr Alan Lerner, Direktur Brain Health and Memory Center, University Hospitals Case Medical Center, Cleveland juga setuju dengan temuan ini. "Makin tua, fungsi kognitif seseorang akan menurun, tapi alkohol dapat mempercepat proses ini," tegasnya.

Pakar lain, Dr Michael Charness dari Harvard Medical School menambahkan selain penurunan fungsi kognitif, minum alkohol berlebihan juga bisa memperburuk kesehatan kardiovaskular.

Bahkan menurutnya, ada beberapa studi studi yang menemukan fungsi otak seseorang akan pulih kembali seketika ia memutuskan untuk berhenti minum. 

"Di enam hingga delapan minggu pertama (setelah berhenti), penyusutan otak akan berbalik. Ini artinya sejumlah efek alkohol terhadap otak masih bisa diperbaiki," imbuh Dr Charness.

sumber : http://health.detik.com/read/2014/01/18/095535/2470928/763/pria-yang-suka-minum-alkohol-siap-siap-pikun-lebih-cepat?l992202755

0 komentar:

Post a Comment