Tuesday, February 4, 2014

10 Macam Makanan Sehat

10 macam makanan sehat


Bayangkan pilihan makanan yang lezat, bergizi dan baik untuk kesehatan Anda  yaitu membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan, dan mengurangi risiko penyakit berkembang.
Artikel ini memberikan rincian tentang sepuluh makanan yang dianggap paling sehat, menurut survei dan sumber-sumber di Amerika Utara dan Eropa Barat. Antara lain:

  1. apel
  2. kacang almond
  3. brokoli
  4. bluberi
  5. minyak ikan
  6. sayuran hijau
  7. ubi jalar
  8. biji gandum
  9. alpukat
  10. havermut


1 - Apel

Apel merupakan sumber yang sangat baik untuk antioksidan, yang dapat digunakan untuk memerangi radikal bebas. Radikal bebas merusak zat-zat yang dihasilkan dalam tubuh yang menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan dan terlibat dalam proses penuaan dan beberapa penyakit.
Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam apel (polifenol) dapat memperpanjang rentang hidup.
Para peneliti di The Florida State University menyatakn bahwa apel adalah "buah ajaib".
Dalam studi mereka, para peneliti menemukan bahwa wanita tua yang memulai merajinkan makan apel setiap hari mengalami penurunan 23 % dalam tingkat kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan 4% dalam kolesterol baik (HDL) setelah hanya enam bulan.

2 - Almond

Almond kaya akan nutrisi, termasuk magnesium, vitamin E, zat besi, kalsium, serat, dan riboflavin. Sebuah tinjauan ilmiah yang diterbitkan di Nutrition Reviews3 menemukan bahwa almond sebagai makanan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat.
Almond memiliki lebih banyak serat daripada pohon kacang lainnya.
Susunan asam lemak dari almond, yang terdiri dari 91-94% asam lemak tak jenuh

3 - Brokoli

Brokoli kaya akan serat, kalsium, kalium, folat dan fitonutrien. Fitonutrien merupakan senyawa yang mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Brokoli juga mengandung vitamin C, serta betakaroten, antioksidan.

4 - Blueberry

Blueberry kaya akan serat, antioksidan dan fitonutrien. Fitonutrien adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam tanaman.
Tidak seperti mineral dan vitamin yang juga ditemukan dalam makanan nabati, fitonutrien tidak penting untuk menjaga kita tetap hidup. Namun, mereka dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga tubuh bekerja dengan baik.
Para ilmuwan di Universitas Texas Woman menemukan bahwa blueberry membantu dalam mengendalikan obesitas. Polifenol tanaman yang berlimpah dalam blueberry, telah terbukti mengurangi perkembangan sel-sel lemak (adipogenesis), sementara mendorong pemecahan lipid dan lemak (lipolisis)

5 – Minyak ikan


Contoh minyak ikan terdapat pada salmon, trout, mackerel, herring, sarden dan ikan. Jenis ikan memiliki minyak dalam jaringan mereka dan sekitar usus. lean fillets mereka mengandung minyak hingga 30%, khususnya, asam lemak omega-3. Minyak ini dikenal untuk memberikan manfaat bagi jantung, serta sistem saraf.
Minyak ikan juga mengandung vitamin A dan D.
6 - Sayuran hijau
Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun gelap, seperti bayam atau kubis secara signifikan dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.
Bayam, misalnya, sangat kaya akan antioksidan, terutama ketika mentah, dikukus atau direbus. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin A, B6, C, E dan K, serta selenium, niacin, seng, fosfor, tembaga, asam folat, kalium, kalsium, mangan, betaine, dan besi.

7 - Ubi Jalar

Ubi jalar kaya serat, beta karoten, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B6, serta karoten (yang, yang kuning pink).

8 - Wheat germ/ cikal bakal benih gandum


Wheat germ  adalah bagian dari gandum yang berkecambah yang nantinya tumbuh menjadi tanaman - cikal bakal benih. Germ, bersama dengan dedak, umumnya merupakan produk sampingan dari penggilingan
Wheat germ tinggi beberapa nutrisi penting, seperti vitamin E, asam folat (folat), thiamin, zinc, magnesium, fosfor, serta alkohol lemak dan asam lemak esensial. Wheat germ juga merupakan sumber serat yang baik

9 - Alpukat

Banyak orang menghindari alpukat karena kandungan lemak yang tinggi, mereka percaya bahwa menghindari semua lemak mengarah ke kesehatan yang lebih baik dan berat badan mudah untuk di kontrol ini adalah sebuah mitos.
Alpukat juga sangat kaya akan vitamin B, serta vitamin K dan vitamin E. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dari 25% larut dan 75% serat tidak larut. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alpukat secara teratur menurunkan kadar kolesterol darah.
Ekstrak alpukat saat ini sedang dipelajari di laboratorium untuk melihat apakah mereka mungkin berguna untuk mengobati diabetes atau hipertensi.
Para peneliti dari Ohio State University menemukan bahwa nutrisi yang diambil dari alpukat mampu menghentikan sel-sel kanker mulut, dan bahkan menghancurkan beberapa sel pra-kanker.

10 - Oatmeal


Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum digiling . Di Britania Raya dan Republik Irlandia , disebut " bubur " atau " bubur havermut " adalah sebuah istilah umum untuk sereal sarapan yang biasanya dimasak .Minat oatmeal telah meningkat pesat selama dua puluh tahun terakhir karena manfaat kesehatannya .

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda makan semangkuk oatmeal setiap hari kadar kolesterol darah Anda , terutama jika mereka terlalu tinggi , akan turun , karena kandungan serat larut sereal itu . 

sumber : http://www.medicalnewstoday.com/articles/245259.php

0 komentar:

Post a Comment