Sunday, February 9, 2014

Insomnia




Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur,Orang-orang insomnia memiliki satu atau lebih dari gejala berikut :

  • Kesulitan tidur
  • Sering bangun  pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali
  • Bangun terlalu pagi
  • Merasa lelah setelah bangun


Jenis Insomnia ada dua  : insomnia primer dan insomnia sekunder .

Insomnia primer : Insomnia primer berarti seseorang mengalami masalah tidur yang tidak secara langsung terkait dengan kondisi kesehatan lain.
Insomnia Sekunder : Insomnia sekunder berarti seseorang mengalami masalah tidur karena sesuatu yang lain , seperti kondisi kesehatan ( seperti asma , depresi , arthritis , kanker , atau mulas ) , nyeri , obat yang mereka konsumsi, atau zat yang mereka gunakan ( seperti alkohol ). 

Insomnia akut vs Insomnia kronis
Insomnia juga bervariasi dalam berapa lama berlangsung dan seberapa sering itu terjadi . Hal ini dapat berlangsung dalam jangka pendek (insomnia akut ) atau dapat bertahan lama (insomnia kronis) . Hal ini juga dapat datang dan pergi , dengan periode waktu.Insomnia akut dapat berlangsung dari satu malam sampai beberapa minggu . Insomnia kronis disebut ketika seseorang memiliki insomnia yang setidaknya tiga kali seminggu selama satu bulan atau lebih .

Penyebab Insomnia
Penyebab insomnia akut dapat meliputi :

  • Stres yang signifikan dalam hidup ( kehilangan pekerjaan atau perubahan , kematian orang yang dicintai , perceraian , pindah )
  • penyakit
  • Ketidaknyamanan emosional atau fisik
  • Faktor-faktor lingkungan seperti kebisingan, cahaya, atau suhu ekstrim ( panas atau dingin ) yang mengganggu tidur
  • Beberapa obat ( misalnya yang digunakan untuk mengobati pilek , alergi , depresi , tekanan darah tinggi , dan asma ) dapat mengganggu tidur
  • Interferensi dalam jadwal tidur normal ( jet lag atau beralih dari hari ke shift malam ).


Penyebab insomnia kronis meliputi:

  • Depresi dan / atau kecemasan
  • stres kronis
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada malam hari



Gejala Insomnia
Gejala insomnia dapat mencakup :

  • Kantuk di siang hari
  • kelelahan umum
  • sifat lekas marah
  • Masalah dengan konsentrasi atau memori


mendiagnosis Insomnia
Jika Anda berpikir Anda menderita insomnia , berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda . Evaluasi dapat mencakup pemeriksaan fisik , riwayat medis , dan riwayat tidur . Anda mungkin akan diminta untuk menyimpan buku harian tidur selama satu atau dua minggu , untuk melacak pola tidur Anda. Dokter mungkin ingin mewawancarai pasangan tidur Anda tentang kuantitas dan kualitas tidur Anda.

Pengobatan untuk Insomnia
Insomnia akut mungkin tidak memerlukan pengobatan . Insomnia ringan seringkali dapat dicegah atau disembuhkan dengan mempraktekkan kebiasaan tidur yang baik 

Pengobatan untuk insomnia kronis meliputi pertama mengobati kondisi yang mendasari atau masalah kesehatan yang menyebabkan insomnia . Jika insomnia yang terus berlanjut, dokter mungkin menyarankan terapi perilaku . Pendekatan perilaku membantu Anda untuk mengubah perilaku yang dapat memperburuk insomnia dan untuk mempelajari perilaku baru untuk mempromosikan tidur . Teknik seperti latihan relaksasi , terapi pembatasan tidur , dan rekondisi mungkin berguna .

Kebiasaan Tidur yang baik untuk Mengalahkan Insomnia
Kebiasaan tidur yang baik , juga disebut higiene tidur , dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik dan mengalahkan insomnia. Berikut adalah beberapa tips :

Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi . Cobalah untuk tidak tidur siang pada siang hari , karena tidur siang dapat membuat Anda kurang mengantuk di malam hari .
Hindari kafein , nikotin , dan alkohol di akhir hari . Kafein dan nikotin adalah stimulan dan dapat mencegah Anda tertidur . Alkohol dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan mengganggu kualitas tidur .
Dapatkan olahraga teratur . Cobalah untuk tidak berolahraga dekat dengan waktu tidur , karena dapat merangsang Anda dan membuat sulit untuk tertidur . Para ahli menyarankan untuk tidak berolahraga setidaknya selama tiga sampai empat jam sebelum waktu Anda pergi tidur .
Jangan makan makanan berat di akhir hari .
Buatlah kamar tidur Anda nyaman . Pastikan bahwa itu adalah gelap , tenang , dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin . Jika cahaya adalah masalah, cobalah masker tidur . Jika kebisingan adalah masalah , cobalah penyumbat telinga , kipas angin, atau " white noise " mesin untuk menutupi suara .
mencari rutinitas untuk membantu Anda rileks sebelum tidur . Membaca buku, mendengarkan musik , atau mandi .
Hindari menggunakan tempat tidur Anda untuk apa pun selain tidur atau seks.
Jika Anda tidak bisa tertidur dan tidak merasa mengantuk , bangun dan membaca atau melakukan sesuatu yang tidak terlalu merangsang sampai Anda merasa mengantuk .
Jika Anda menemukan diri Anda berbaring terjaga mengkhawatirkan tentang hal-hal , cobalah membuat to-do list sebelum Anda pergi tidur .

sumber : http://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/insomnia-symptoms-and-causes

0 komentar:

Post a Comment