Wednesday, April 22, 2009

Perawatan Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat bayi baru lahir, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Didekap dan diajak bicara.
  • Secepatnya bayi dipertemukan dengan ibunya. Pertemuan ini merupakan saat paling berharga bagi ibu dan bayi untuk saling mengenal. Dekaplah bayi dengan lembut dan penuh kasih sayang. Hal tersebut akan membuatnya merasa tenang dan aman.
  • Pada beberapa hari dan minggu pertama kehidupannya, bayi baru lahir sangat sensitif terhadap bau terutama bau ibunya dengan cepat. Ia bisa membedakan bau ibunya dengan bau orang lain.
  • Selain bau, bayi juga sangat sensitif terhadap suara. Ajaklah bayi berbicara pada hari-hari pertama kehidupannya. Suara ibu amat penting untuk membentuk ikatan batin dengan ibu.
2. Diberi ASI.
  • Berikan ASI 30 menit setelah bayi lahir. Sebaiknya ibu langsung menyusui bayi agar ASI terpancing untuk keluar dengan lancar. Isapan bayipada puting akan meningkatkan produksi ASI. Oleh karena itu, banyak sedikitnya ASI yang keluar dari payudara ibu bergantung pada rangsangan isapan bayi.
  • ASI merupakan hak bayi. Jika ibu tidak memberikan ASI berarti telah mengabaikan hak si kecil untuk mendapatkan makanan pertama yang terbaik bagi tumbuh kembangnya.
  • Cara menyusui yang benar, puting susu ibu harus masuk ke dalam mulut bayi. Bantu bayi untuk menemukan puting susu. Setelah beberapa hari, bayi akan langsung mencari puting susu tanpa dibantu lagi begitu didekatkan pada payudara ibunya.
  • Jika puting susu ibu rata, kecil, atau melesak ke dalam, jangan dijadikan alasan untuk tidak menyusui. Justru dengan sering menyusui masalah tersebut dapat diatasi. Melalui isapan bayi, puting akan keluar. Ibu pun harus rajin menarik-narik puting hingga keluar.
3. Jangan memandikan bayi begitu ia baru dilahirkan. Tunggulah sekitar 1-2 jam sampai ia bisa menyesuaikan diri dengan suhu di luar kandungan. Tubuh bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap kedinginan.

4. Jaga agar suhu badan bayi tetap hangat karena pusat pengatur suhu tubuh di otak bayi (hipotalamus) pada bayi baru lahir belum berfungsi dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment